Peran Laboratorium Sebagai Pusat Riset Untuk Meningkatkan Mutu Dari Lembaga Pendidikan Pada Jurusan THP_FTP_UNEJ

Main Article Content

Subekah Nawa Kartikasari

Abstract

Mengingat  strategisnya  posisi  laboratorium dalam manajemen perguruan tinggi, maka perlu  perangkat  laboratorium  dapat  menunjang pelaksanaan  pendidikan  pada  perguruan  tinggi  berjalan secara efektif dan efisien. Kualitas  pengelolaan laboratorium di THP_FTP_UNEJ  dapat diketahui melalui  evaluasi personal  laboratorium. Hal tersebut dimaksudkan agar kegiatan laboratorium mampu memenuhi kebutuhan pengguna secara efektif dan efisien, serta merata untuk semua pengguna. Tujuan penelitian   adalah mengetahui kualitas pengelolaan, menjaga  mutu laboratorium  dan  tingkat keselamatan kerja. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan, studi observasi, dan  angket secara kualitatif. Sarana peralatan dan penunjang laboratorium alat katagori 1, 2 dan 3 yang berada dilaboratorium  cukup lengkap, serta mukhtahir menunjukkan  nilai 38,55 - 45,13% dengan skor baik.Ketersediaan bahan kimia  mempunyai  nilai 35,15 % dengan skor baik dan penggunaan fasilitas laboratorium mudah dan transparan mempunyai  nilai (41,72%) dengan skor baik. Pemeliharaan dan kalibrasi peralatan menunjukkan nilai  64,17 % dengan nilai  kurang baik. Peran PLP dilaboratorium menunjukkan  nilai 25-36% dengan  skor memuaskan.  Berdasarkan integritas dan kinerja PLP  menunjukkan nilai 25 - 36  % dengan skor memuaskan. Lembaga juga  memfasilitasi program training, seminar yang diperlukan PLP.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kartikasari, S. (2019). Peran Laboratorium Sebagai Pusat Riset Untuk Meningkatkan Mutu Dari Lembaga Pendidikan Pada Jurusan THP_FTP_UNEJ. Jurnal Temapela, 2(1), 17-27. https://doi.org/10.25077/temapela.2.1.17-27.2019
Section
Articles